Mengontrol Kadar Asam Urat Dalam Darah Anda Dengan Bantuan Allopurinol

Jika Anda menderita asam urat selama bertahun-tahun, kemungkinan besar Anda telah mengonsumsi allopurinol selama beberapa waktu. Untuk berjaga-jaga jika Anda belum pernah mendengar tentang obat yang disebut allopurinol, itu juga dikenal sebagai Zyloprim, yang merupakan merek obat populer yang dijual di apoteker online. Nama merek lainnya adalah Lopurin dan Purinol.

Allopurinol yang dijual di apotek online ini bekerja dengan menurunkan kadar asam urat dan membantu mencegah serangan asam urat. Zat itu menghambat fungsi xanthine oxidase yang bertanggung jawab untuk memecah molekul purin yang penyebab asam urat. Allopurinol lebih sebagai obat pencegah yang meminimalkan serangan asam urat bagi seseorang yang mengalami hiperurisemia (kelebihan asam urat dalam plasma darah).

Jika Anda masih muda dan baru saja mengalami serangan asam urat yang pertama baru-baru ini, dokter Anda tidak akan meresepkan allopurinol kepada Anda secepat itu. Untuk penderita asam urat yang baru terdiagnosis, biasanya dokter akan terlebih dahulu menasihati penderita asam urat yang masih muda agar menjaga pola makan dan minum lebih banyak air untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Namun ketika kadar asam urat terus-menerus di luar kendali dan frekuensi serangan asam urat meningkat, maka dokter akan meresepkan allopurinol kepada pasien.

Anda akan melihat beberapa penurunan tingkat asam urat yang signifikan di darah Anda ketika Anda pertama kali mulai menggunakan allopurinol. Ini adalah pil yang harus Anda konsumsi setiap hari untuk meminimalkan produksi asam urat sambil tetap memperhatikan pola makan Anda (dengan menjauhi makanan berprotein tinggi atau yang tinggi purin). Bagi sebagian orang, pil ini bekerja dengan sangat baik dalam mencegah serangan di waktu yang akan datang. Tetapi bagi banyak orang terutama pasien asam urat kronis, allopurinol tampaknya tidak memiliki efek yang besar dalam mengurangi kemungkinan mereka terkena serangan asam urat. Alih-alih menurunkan kadar asam urat, beberapa pasien justru mengalami efek samping yang mengganggu setelah minum obat ini, yang umum adalah mual, diare, dan yang lebih parah adalah ruam kulit dan reaksi alergi parah.

Keefektifan obat penurun asam urat ini jarang dibahas secara publik atau bahkan tidak ada penelitian resmi yang dilakukan secara khusus. Sama seperti kebanyakan obat di apotek online, sebagian besar laporan tentang obat tertentu condong pada seberapa efektif obat itu dan hanya menyebutkan secara singkat tentang kemungkinan efek sampingnya. Alih-alih melihat laporan secara tidak langsung, Anda bisa berbicara dengan beberapa pasien asam urat yang telah meminum obat ini dan mendengar komentar langsung yang tidak bias tentang obat ini.

Inilah logika yang dapat memberi Anda gambaran tentang keefektifan obat ini. Setidaknya ada 50 miliar sel mati di dalam tubuh setiap hari dan pemecahan DNA dalam sel mati akan menghasilkan banyak purin. Beberapa purin akan digunakan kembali untuk menghasilkan sel-sel baru sementara beberapa harus dibuang dengan memecahnya menjadi asam urat dan dikeluarkan melalui urin.

Meskipun allopurinol adalah pengobatan umum untuk asam urat, tetapi banyak yang sering menyalahgunakan. Berikut adalah beberapa pengingat untuk Anda jika Anda ingin mendapatkan hasil perawatan optimal. Minumlah banyak air, ini adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari asam urat dan juga mencegah allopurinol berlebih di tubuh Anda. Jangan menghentikan pengobatan kecuali disarankan oleh dokter Anda. Tujuan pengobatan Anda adalah untuk menjaga kadar asam urat Anda dalam tingkat yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top